KOHESI DAN KOHERENSI TEKS BACAAN DALAM BUKU BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v18i2.968Keywords:
buku teks; kohesi; koherensiAbstract
Kohesi dan koherensi dalam komunikasi tertulis memegang peranan krusial dalam kesuksesan penyampaian pesan kepada pembaca. Ketika suatu tulisan kehilangan koherensi dan kohesi, risiko salah tafsir terhadap pesan yang disampaikan kepada pembaca menjadi tinggi. Sebaliknya, tulisan yang memiliki kohesi dan koherensi yang baik dapat mengomunikasikan pesan dan maksud dengan jelas kepada pembaca tanpa menciptakan interpretasi yang beragam. Dalam konteks pembelajaran, buku teks yang digunakan sebagai alat bantu belajar harus mempunyai koherensi dan kohesi yang baik agar siswa dapat memahami materi pelajaran dengan mudah. Oleh karena itu, buku teks harus memiliki kohesi dan koherensi yang kuat agar siswa tidak mengalami kesalahpahaman dalam menyerap informasi yang terkandung di dalamnya. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan tanda kohesi dan koherensi dalam teks bacaan buku bahasa Indonesia SMP kelas VII Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah analisis wacana, pendekatan formal dengan menggunakan sumber data berupa teks bacaan buku bahasa Indonesia SMP kelas VII Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena lebih menekankan pada deskripsi hasil penelitian daripada angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan penanda kohesi dan koherensi dalam buku yang dijadikan sampel ini baik, yang menunjukkan kuatnya pemahaman bahasa yang digunakan.Downloads
References
Alwi, Hasan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Beaugrande, R. d., & Dressler, W. (1981). Introduction to Text Linguistics. New York: Longman Group Limited.
Blanchard, K., & Root, C. (2004). Ready to Write Moore. From Paragraph to Essay. New York: Pearson Education, Inc.
Eriyanto. (2001). Analisis wacana : pengantar analisis teks media . Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.
Efendi, A. N., Naimah, N., Abni, S. R. N., Subargo, Y. L., & Kurniawati, E. (2023). Kohesi Dan Koherensi Pada Berita Kompas. Com Berjudul “Jumlah Warga Indonesia Berisiko Terjangkit Corona Capai 700.000 Orang”. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 1-7.
Emerson, L. (1997). Writing Guidelines for Education Students. New Zeland: Dunmore Press.
Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Analisis Data. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Fitzpatrick, M. (2005). Engaging Writing. Paragraf and Essays . New York: Pearson Education, Inc.
Galko, F. D. (2001). Better Writing Right Now. Using Words to Your Advantage. New York: Learning Express, LLC.
Grabe, W., & Kaplan, R. B. (1996). Theory & Practice of Writing. London: Pearson Education Limited .
Halliday, M., & Hasan, R. (1976). Cohesion in English. London: Longman.
Halliday, M. (1992). Spoken and Written Language. Oxford: Oxford University Press.
Hyland, K. (2007). Genre and Second Language Writing. Michigan: The University of Michigan Press.
Hayon, J. (2007). Membaca dan Menulis Wacana: Petunjuk Praktis bagi Mahasiswa. Jakarta: Grasindo.
Handiyani, S, & Wildan. (2008). Persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Hartono, B. (2012). Dasar-dasar Kajian Wacana. Semarang: Pustaka Zaman.
James, N. (2007). How to Write Clearly, Effectively and Profesionally . Crows Nest: Allen & Unwin.
Jorgensen, Marianne W. dan Louise J. Phillips. 2007. Analisis Wacana: Teori dan Metode.ed. Abdul Syukur Ibrahim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Knapp, P., & Watkins, M. (2009). Genre, Text, Grammar. Technologies for Teaching and Assessing Writing. Sydney: UNSW Press.
Kusumawati, Tri Indah. 2016. KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL. 6(2).
Martin, J. R., & Rose, D. (2003). Working with Discourse: Meaning Beyond the Clause. London: Continuum.
Mulyana. (2005). Kajian Wacana: Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2001). Research in Education. New York: Longman.
Murray, N., & Hughes, G. (2008). Writing Up Your University Assigtments and Research Projects. A Practical Handbook . New York: Open University Press.
Malgawi, G. J. (2015). Report on A Study of Refernce Cohession in Text of Nigerian ASL Students: Impication for the Classroom . International Journal of English Teaching, 20-24.
Malah, Z., Tan, H., & Rashid, S. M. (2017). Evaluating Lexical Cohession in Nigerian Newspaper Genres: Focus on the Editorials. International Journal of Applied Linguistics & English Literature. Volume 6. No. 1.
Maxsuroh, S. H. (2022). Analisis Tekstualitas Wacana Berorientasi Kohesi Pada Artikel Online Tribunnews. Com Dan Pemanfaatanya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xii (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas)
Maulana, H. A. R. (2023). Kohesi Dan Koherensi Dalam Berita Liga Italia Dari Situs Bola. Net (Suatu Kajian Wacana) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Ninsiana, W. 2021. Kohesi Gramatikal Kajian Terjemahan Pada Bidding Document. Yogyakarta: Sulur Pustaka.
Oshima, A., & Hogue, A. (1999). Writing Academic English. . New York: Longman.
Paltridge, B. (2006). Discourse Analysis: An Introduction. London: Continuum.
Susetia, R. R. A. (2023). Kohesi Dan Koherensi Wacana Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Renkema, J. (2004). Introduction to Discourse Studies. Edisi Kedua. Amsterdam/Philadelphia: John Benjamins Publishing.
Richards, J. C., & Miller, S. (2005). Doing Academic Writing in Education. Connecting the Personal and the Professional . New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.
Rizki, J. W. (2016). Kepemilikan Media dan Ideologi Pemberitaan . Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Sudaryanto. 1986. Metode Linguistik: Bagian Pertama Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Simon, & Schuster. (1987). Handbook for Witers. London: Lynn Quitman Troyka.
Sudaryanto. 1993. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa:Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. 1993rd ed. Duta Wacana University Press.
Schiffrin, D. (1994). Approaches to Discourse . USA: Blackwell Publishing.
Shields, M. (2010). Essay Writing. A Student's Guide . London: SAGE Publication Ltd.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tompkins, G. E. (2008). Teaching Writing. Balancing Process and Product . Sydney: Pearson Prentice Hall.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa Epigram, Vol.11 No. 2 Oktober 2014:135-152.
Utami, J. 2017. Analisis Teks Dan Konteks Wacana Anekdot Karya Siswa SMK Negeri 1 Kedawung Dan Kontribusinya Terhadap Pembinaan Sikap Bahasa Siswa. Stilistika, Vol. 3, No. 1.
Widiatmoko, W. (2015). Analisis Kohesi dan Koherensi Wacana Berita Rubrik Nasional di Majalah Online Detik. Jurnal Sastra Indonesia, 4(1), 1 - 11.
Williams, J. (2005). Teaching Writing an Second and Foreign Language Teaching Classrooms. USA: The MCGraw-Hills Companies, Inc.
Widdowson, H.G.2007. Discourse Analysis. New York: Oxford University Press.
Zaim M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang. Sukabina Press.
Zaimar, O. K., & Harahap, A. B. (2015). Teori Wacana. Jakarta: Penaku.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Riyan Prasetyo Riyan Prasetyo, Rangga Asmara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.