PEREMPUAN BERLITERASI KRITIS: OPTIMALISASI PERAN IBU DALAM LITERASI KELUARGA

Authors

  • Aisiyah Aztry Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vismaia S. Damaianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andoyo Sastromiharjo Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v18i1.782

Keywords:

literasi kritis; peran ibu; literasi keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan literasi kritis ibu serta mengoptimalisasikan peran ibu dalam literasi keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini, yaitu profil ibu dan anak, profil literasi keluarga, dan kemampuan literasi kritis ibu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah berusaha untuk membudayakan literasi keluarga di rumah masing-masing. Dalam hal menyediakan bahan bacaan, 75% responden memilih untuk membeli, 20% responden memilih untuk mengunduh, dan 5% responden  memilih untuk meminjam dari perpustakaan. Dalam hal strategi literasi keluarga, 20% responden telah menyusun program literasi keluarga, sedangkan 80% responden belum menyusun program literasi keluarga. Program literasi keluarga yang telah disusun oleh 20% responden memiliki perbedaan karena disesuaikan dengan karakteristik keluarga masing-masing. Setelah dilakukan penyuluhan untuk mengoptimalisasikan peran ibu dalam literasi keluarga, dapat diketahui kemampuan berpikir kritis ibu berada dalam kategori sangat baik dan baik. Dengan demikian, ibu dapat memahami bahwa dalam berliterasi, yaitu mencari, menerima, mengelola, memproses, dan menyebarkan informasi dibutuhkan daya berpikir kritis. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. In Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bingham, G. E., Jeon, H. J., Kwon, K. A., & Lim, C. (2017). Parenting Styles and Home Literacy Opportunities: Associations with Children’s Oral Language Skills. Infant and Child Development, 26(5). https://doi.org/10.1002/icd.2020

Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 52. https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4613

Ennis, R. (1991). Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philosophy, 10(1), 5–24.

Fauziyyah, D. F., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2020). Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak Litara. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(10), 61–70. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2800

Fikrat-Wevers, S., Van Steensel, R., & Arends, L. (2021). Effects of Family Literacy Programs on the Emergent Literacy Skills of Children From Low-SES Families: A Meta-Analysis. In Review of Educational Research (Vol. 91, Issue 4). https://doi.org/10.3102/0034654321998075

Hapsari, D. T., Rosdiana, H., & Setiadarma, A. (2021). Literasi Media Digital di Kalangan Ibu-Ibu Kelompok Aisyiyah, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 1(2), 51–62.

Hastuti, T., Rochimah, N., & Rahmawati, W. (2021). Modelling Komunikasi Interpersonal “ Ibu Sahabat Remaja ” dalam Literasi Kesehatan Reproduksi. Prosiding Webinar Nasional Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Ke-4 UMY, 42–55. https://doi.org/10.18196/ppm.41.843

Jati, W. D. P. (2021). Literasi Digital Ibu Generasi Milenial terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 1–23. https://doi.org/10.24815/jkg.v10i1.20091

Kaiper, A., Emily, M., Carol, W., Jungeun, C., Grinder, E., Esther, M., & Tabitha, P. (2020). On the Fly : Adapting Quickly to Emergency Remote Instruction in a Family Literacy Programme. International Review of Education, 66(5), 691–713. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09861-y

Khorshidi, S. (2017). 7C Model of Critical Literacy: a Freirean Approach To Empowering Education. Asian Journal of Educational Research, 5(4), 97–110. www.multidisciplinaryjournals.com

Lewison, M., Flint, A. S., & Van Sluys, K. (2002). Taking on Critical Literacy: The Journey of Newcomers and Novices. Language Arts, 79(5), 382–392.

Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275

Lubis, M. S. A. (2019). Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama Bagi Anak. TARBIYAH Bil QALAM : Jurnal Pendidikan Agama Dan, III(1), 1–4.

Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339

Sari, A. N., & Rukiyah, R. (2021). Peran Ibu dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak (Studi Kasus Penulis Buku Meydiana Rahmawati Ismail). Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(2), 295–306. https://doi.org/10.14710/anuva.5.2.295-306

Suhartatik, A., Susilawati, C. E., Arini, & Shanti. (2022). Kompetensi Ibu dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak. JURNAL ABDIMAS PeKA, 5(1), 19–30.

Wahyudi, W. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di SMAN 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327

Wasik, B. H., & Van Horn, B. (2015). The Role of Family Literacy in Society. In Handbook of Family Literacy. https://doi.org/10.4324/9780203841495.ch1

Widiastika, W., Iswara, P. D., Rahman, R., & Damaianti, V. S. (2022). Keterlibatan Ibu dalam Literasi Keluarga pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Masa Pandemi Covid 19. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 633. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8347

Wulan, N. S. (2022). Pengembangan Model Literasi Keluarga Berbasis Simplifikasi Cerita Rakyat. Purwokerto Selatan : Pena Pustaka.

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 614 times