PEREMPUAN BERLITERASI KRITIS: OPTIMALISASI PERAN IBU DALAM LITERASI KELUARGA
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v18i1.782Keywords:
literasi kritis; peran ibu; literasi keluargaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan literasi kritis ibu serta mengoptimalisasikan peran ibu dalam literasi keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini, yaitu profil ibu dan anak, profil literasi keluarga, dan kemampuan literasi kritis ibu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah berusaha untuk membudayakan literasi keluarga di rumah masing-masing. Dalam hal menyediakan bahan bacaan, 75% responden memilih untuk membeli, 20% responden memilih untuk mengunduh, dan 5% responden memilih untuk meminjam dari perpustakaan. Dalam hal strategi literasi keluarga, 20% responden telah menyusun program literasi keluarga, sedangkan 80% responden belum menyusun program literasi keluarga. Program literasi keluarga yang telah disusun oleh 20% responden memiliki perbedaan karena disesuaikan dengan karakteristik keluarga masing-masing. Setelah dilakukan penyuluhan untuk mengoptimalisasikan peran ibu dalam literasi keluarga, dapat diketahui kemampuan berpikir kritis ibu berada dalam kategori sangat baik dan baik. Dengan demikian, ibu dapat memahami bahwa dalam berliterasi, yaitu mencari, menerima, mengelola, memproses, dan menyebarkan informasi dibutuhkan daya berpikir kritis.Downloads
References
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. In Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bingham, G. E., Jeon, H. J., Kwon, K. A., & Lim, C. (2017). Parenting Styles and Home Literacy Opportunities: Associations with Children’s Oral Language Skills. Infant and Child Development, 26(5). https://doi.org/10.1002/icd.2020
Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 52. https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4613
Ennis, R. (1991). Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philosophy, 10(1), 5–24.
Fauziyyah, D. F., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2020). Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak Litara. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(10), 61–70. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2800
Fikrat-Wevers, S., Van Steensel, R., & Arends, L. (2021). Effects of Family Literacy Programs on the Emergent Literacy Skills of Children From Low-SES Families: A Meta-Analysis. In Review of Educational Research (Vol. 91, Issue 4). https://doi.org/10.3102/0034654321998075
Hapsari, D. T., Rosdiana, H., & Setiadarma, A. (2021). Literasi Media Digital di Kalangan Ibu-Ibu Kelompok Aisyiyah, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 1(2), 51–62.
Hastuti, T., Rochimah, N., & Rahmawati, W. (2021). Modelling Komunikasi Interpersonal “ Ibu Sahabat Remaja ” dalam Literasi Kesehatan Reproduksi. Prosiding Webinar Nasional Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Ke-4 UMY, 42–55. https://doi.org/10.18196/ppm.41.843
Jati, W. D. P. (2021). Literasi Digital Ibu Generasi Milenial terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 1–23. https://doi.org/10.24815/jkg.v10i1.20091
Kaiper, A., Emily, M., Carol, W., Jungeun, C., Grinder, E., Esther, M., & Tabitha, P. (2020). On the Fly : Adapting Quickly to Emergency Remote Instruction in a Family Literacy Programme. International Review of Education, 66(5), 691–713. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09861-y
Khorshidi, S. (2017). 7C Model of Critical Literacy: a Freirean Approach To Empowering Education. Asian Journal of Educational Research, 5(4), 97–110. www.multidisciplinaryjournals.com
Lewison, M., Flint, A. S., & Van Sluys, K. (2002). Taking on Critical Literacy: The Journey of Newcomers and Novices. Language Arts, 79(5), 382–392.
Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275
Lubis, M. S. A. (2019). Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama Bagi Anak. TARBIYAH Bil QALAM : Jurnal Pendidikan Agama Dan, III(1), 1–4.
Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339
Sari, A. N., & Rukiyah, R. (2021). Peran Ibu dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak (Studi Kasus Penulis Buku Meydiana Rahmawati Ismail). Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(2), 295–306. https://doi.org/10.14710/anuva.5.2.295-306
Suhartatik, A., Susilawati, C. E., Arini, & Shanti. (2022). Kompetensi Ibu dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak. JURNAL ABDIMAS PeKA, 5(1), 19–30.
Wahyudi, W. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di SMAN 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Wasik, B. H., & Van Horn, B. (2015). The Role of Family Literacy in Society. In Handbook of Family Literacy. https://doi.org/10.4324/9780203841495.ch1
Widiastika, W., Iswara, P. D., Rahman, R., & Damaianti, V. S. (2022). Keterlibatan Ibu dalam Literasi Keluarga pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Masa Pandemi Covid 19. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 633. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8347
Wulan, N. S. (2022). Pengembangan Model Literasi Keluarga Berbasis Simplifikasi Cerita Rakyat. Purwokerto Selatan : Pena Pustaka.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Kantor Bahasa Provinsi NTB
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.