TINGKAT PENGUASAAN KAIDAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA BARU PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.26499/mab.v17i1.713Keywords:
tingkat penguasaan; kaidah bahasa Indonesia; mahasiswa; perguruan tinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penguasaan kaidah bahasa Indonesia mahasiswa baru. Berdasarkan tingkat penguasaan kaidah, didapatkan tipe-tipe kaidah kebahasaan tertentu yang belum dan sudah dikuasai oleh mahasiswa. Selanjutnya, tipe-tipe kaidah kebahasaan dapat menjadi bahan evaluasi dan rekomendasi tindak lanjut pembelajaran MKWK Bahasa Indonesia di perguruan tinggi, khususnya materi kaidah kebahasaan. Terkait metode penelitian, pada tahapan pengumpulan data, digunakan teknik evaluasi menggunakan tes melalui Google Form secara luring dengan instrumen soal bermode benar-salah berjumlah 75 butir soal. Pada tahap analisis data, persentase rata-rata skor hasil tes masing-masing kelompok kaidah kebahasan dikonversi ke kategori tingkat kemahiran berbahasa UKBI. Dalam pada itu, tipe kaidah kebahasaan yang sudah dikuasai dan belum dikuasai ditentukan berdasarkan persentase standar ketuntasan klasikal. Pada tahap penyajian hasil analisis data, hasil penelitian dideskripsikan dan diuraikan menggunakan metode formal dan metode informal. Hasil penelitian menyatakan rata-rata tingkat penguasaan kaidah bahasa Indonesia mahasiswa sebesar 49,28% (Marginal) dengan perincian 52,75% tingkat penguasaan kaidah ejaan (Semenjana), 55,93% tingkat penguasaan kaidah bentuk dan pilihan kata (Semenjana), dan 39,19% tingkat penguasaan kaidah kalimat (Terbatas).Downloads
References
Aryanika, S. (2015). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i1.757
Baryadi, I. P. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11
Dirjen Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI No. 84/E/KPT/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. In Dirjen Perundang-Undangan (pp. 1–12). https://dpa.uii.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/kepdirjen-dikti-nomo-84_e_kpt_2020-tentang-pedoman-pelaksanaan-mata-kuliah-wajib-pada-kurikulum-pendidikan-tinggi.pdf
Febrina, R., & Wahyuni, S. (2019). Kemampuan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Andalas dalam Merespons Kaidah Bahasa Indonesia pada Laman UKBI. Info. Puitika, 15(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25077/puitika.15.2.155--170.2019
Fyola Frecelya, A., & Gani, E. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(4), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/106904-019883
Gumono. (2015). Impelementasi Teori Linguistik dalam Penyusunan Buku Ajar. Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi, 55–73
Hidayat, R., Asyhar, M., Suyanu, Nazir, Y. N., & Murahim. (2021). Telaah Isi dan Bahasa Buku Ajar MKWU BAHASA Indonesia Dirjen Belmawa Ristekdikti: Proyeksi Model Standar Materi Ajar MKWU Bahasa Indonesia. 11(4). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42054
Irwandi. (2019). Kemampuan Penguasaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi PGMI IAIN Lhoksemawe. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4584
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia. In Lembaran Negara RI Tahun 2016, Sekretariat Negara. Jakarta
M. Moeliono, A., Lapoliwa, H., Alwi, H., Sasangka, S. S. T. W., & Sugiyono. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat. In Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi keempat (Edisi Keem). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 (1st ed.). Jakarta: RajaGrafindo Persada
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya (3rd ed.). Depok: Rajawali Pers
Martha, I. N. (2018). Pemilihan Materi/Aspek Kebahasaan dalam Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan Menengah (SMP/MSN, SMA/MA, SMK). 13(02). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/prasi.v13i2.16451
Mustakim. (2019). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Bentuk dan Pilihan Kata: Vol. Edisi Revisi. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books
Nurwardani, P., Wiratno, T., Purnanto, D., V.Damaianti, & E. Mulyono, Evawany, F. Priyautama, A. Festanto. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, 1–303.
Pujiatna, T. (2018). Penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Menulis Mahasiswa Baru sebagai Bahan Penyusunan Silabus Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.925
Pulungan, H. K., & Damaianti, V. S. (2018). Kompetensi Literasi Mahasiswa Dalam Hasil Uji Kemahairan Berbahasa Indonesia ( Ukbi ) Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia , Universitas Negeri Medan. 417–422.
Saragih, A. (2016). Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks dalam Kurikulum 2013. Medan Makna, 14(2), 197–214.
Sasangka, S. S. T. W. (2019). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Kalimat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Simanjuntak, H., Saragih, A. F., & Panggabean, S. (2023). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMP Negeri 14 Medan. INNOVATIVE: Journal of Sosial Science Research, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.352
Sriyanto. (2019). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Ejaan: Vol. Edisi Revisi. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. https://pustaka.kemdikbud.go.id/libdikbud/index.php?p=show_detail&id=27482
Wahyuni, N., & Linda, W. (2021). Penguasaan Puebi dan Keterkaitannya dengan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa SMA. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.31539/literatur.v1i2.2406
Winiasih, T. (2018). Studi Komparatif Hasil UKBI Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Timur. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 63. https://doi.org/10.31503/madah.v9i1.692
Yanti, N., Suhartono, & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Euphytica, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5559
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Rahmad Hidayat, Mochammad Asyhar, Siti Rohana Hariana Intiana, Syamsinas Jafar, Syaiful Musaddat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.