TINGKAT PENGUASAAN KAIDAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA BARU PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Rahmad Hidayat Universitas Mataram
  • Mochammad Asyhar Universitas Mataram
  • Siti Rohana Hariana Intiana Universitas Mataram
  • Syamsinas Jafar Universitas Mataram
  • Syaiful Musaddat Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.26499/mab.v17i1.713

Keywords:

tingkat penguasaan; kaidah bahasa Indonesia; mahasiswa; perguruan tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penguasaan kaidah bahasa Indonesia mahasiswa baru. Berdasarkan tingkat penguasaan kaidah, didapatkan tipe-tipe kaidah kebahasaan tertentu yang belum dan sudah dikuasai oleh mahasiswa. Selanjutnya, tipe-tipe kaidah kebahasaan dapat menjadi bahan evaluasi dan rekomendasi tindak lanjut pembelajaran MKWK Bahasa Indonesia di perguruan tinggi, khususnya materi kaidah kebahasaan. Terkait metode penelitian, pada tahapan pengumpulan data, digunakan teknik evaluasi menggunakan tes melalui Google Form secara luring dengan instrumen soal bermode benar-salah berjumlah 75 butir soal. Pada tahap analisis data, persentase rata-rata skor hasil tes masing-masing kelompok kaidah kebahasan dikonversi ke kategori tingkat kemahiran berbahasa UKBI. Dalam pada itu, tipe kaidah kebahasaan yang sudah dikuasai dan belum dikuasai ditentukan berdasarkan persentase standar ketuntasan klasikal. Pada tahap penyajian hasil analisis data, hasil penelitian dideskripsikan dan diuraikan menggunakan metode formal dan metode informal. Hasil penelitian menyatakan rata-rata tingkat penguasaan kaidah bahasa Indonesia mahasiswa sebesar 49,28% (Marginal) dengan perincian 52,75% tingkat penguasaan kaidah ejaan (Semenjana), 55,93% tingkat penguasaan kaidah bentuk dan pilihan kata (Semenjana), dan 39,19% tingkat penguasaan kaidah kalimat (Terbatas).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanika, S. (2015). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i1.757

Baryadi, I. P. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11

Dirjen Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI No. 84/E/KPT/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. In Dirjen Perundang-Undangan (pp. 1–12). https://dpa.uii.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/kepdirjen-dikti-nomo-84_e_kpt_2020-tentang-pedoman-pelaksanaan-mata-kuliah-wajib-pada-kurikulum-pendidikan-tinggi.pdf

Febrina, R., & Wahyuni, S. (2019). Kemampuan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Andalas dalam Merespons Kaidah Bahasa Indonesia pada Laman UKBI. Info. Puitika, 15(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25077/puitika.15.2.155--170.2019

Fyola Frecelya, A., & Gani, E. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(4), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/106904-019883

Gumono. (2015). Impelementasi Teori Linguistik dalam Penyusunan Buku Ajar. Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi, 55–73

Hidayat, R., Asyhar, M., Suyanu, Nazir, Y. N., & Murahim. (2021). Telaah Isi dan Bahasa Buku Ajar MKWU BAHASA Indonesia Dirjen Belmawa Ristekdikti: Proyeksi Model Standar Materi Ajar MKWU Bahasa Indonesia. 11(4). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42054

Irwandi. (2019). Kemampuan Penguasaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi PGMI IAIN Lhoksemawe. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4584

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia. In Lembaran Negara RI Tahun 2016, Sekretariat Negara. Jakarta

M. Moeliono, A., Lapoliwa, H., Alwi, H., Sasangka, S. S. T. W., & Sugiyono. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat. In Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi keempat (Edisi Keem). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 (1st ed.). Jakarta: RajaGrafindo Persada

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya (3rd ed.). Depok: Rajawali Pers

Martha, I. N. (2018). Pemilihan Materi/Aspek Kebahasaan dalam Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan Menengah (SMP/MSN, SMA/MA, SMK). 13(02). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/prasi.v13i2.16451

Mustakim. (2019). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Bentuk dan Pilihan Kata: Vol. Edisi Revisi. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books

Nurwardani, P., Wiratno, T., Purnanto, D., V.Damaianti, & E. Mulyono, Evawany, F. Priyautama, A. Festanto. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, 1–303.

Pujiatna, T. (2018). Penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Menulis Mahasiswa Baru sebagai Bahan Penyusunan Silabus Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.925

Pulungan, H. K., & Damaianti, V. S. (2018). Kompetensi Literasi Mahasiswa Dalam Hasil Uji Kemahairan Berbahasa Indonesia ( Ukbi ) Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia , Universitas Negeri Medan. 417–422.

Saragih, A. (2016). Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks dalam Kurikulum 2013. Medan Makna, 14(2), 197–214.

Sasangka, S. S. T. W. (2019). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Kalimat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Simanjuntak, H., Saragih, A. F., & Panggabean, S. (2023). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMP Negeri 14 Medan. INNOVATIVE: Journal of Sosial Science Research, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.352

Sriyanto. (2019). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Ejaan: Vol. Edisi Revisi. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. https://pustaka.kemdikbud.go.id/libdikbud/index.php?p=show_detail&id=27482

Wahyuni, N., & Linda, W. (2021). Penguasaan Puebi dan Keterkaitannya dengan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa SMA. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.31539/literatur.v1i2.2406

Winiasih, T. (2018). Studi Komparatif Hasil UKBI Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Timur. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 63. https://doi.org/10.31503/madah.v9i1.692

Yanti, N., Suhartono, & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Euphytica, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5559

Published

2023-07-07

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1280 times