PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS SISWA

Authors

  • Indah Afrianti STKIP Yapis Dompu
  • Enung Nurhasanah STKIP Yapis Dompu
  • Arifin Arifin STKIP Yapis Dompu
  • Ririn Tasumbey STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v18i1.693

Keywords:

Keterampilan Menulis; Karangan Deskriptif; Pembelajaran Berbasis Lingkungan;

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan pembelajaran berbasis lingkungan dalam peningkatan keterampilan menulis karangan deskriptif pada siswa SMP Islam Nurul Ihsan Kota Bima. Penelitian ini menerapkan Experimental Design bentuk Intact-Group Comparison. Desain ini dilakukan terhadap satu kelas yang dibagi atas kelompok experimental dan kelompok control. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis lingkungan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang didapat oleh siswa kelompok eksperimental pada post-test dari 17 siswa hanya 2 siswa yang tidak mencapai nilai KKM (pre-test 2 orang siswa yang mencapai KKM yaitu 69). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah Alawia. (2019). Penerapan Media Gambar Berbasis Budaya Lingkungan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas IV SDN 009 Tarue Kabupaten Luwu Utara. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5).

Afrianti, D. & S. (2022). Analysis of English errors in writing descriptive text for junior high school students at Nurul Islam, Bima City. Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman, 4(1), 18–24.

Afrianti, I., & Nur Wahyuni. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lingkungan “Leksikon Dalam Bahasa Mbojo” Untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 455–461. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.286

Afrianti, I., Wahyuni, N., & Rusdin, R. (2021). Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Menambah Penguasaan Leksikon Bahasa Inggris Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(4), 150–157. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.97

Alfiati, A. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi dalam Konteks Interkultural. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 8(1), 167–177. https://doi.org/10.36835/annuha.v8i1.400

Ayu, E. K., Denok Lestari, Nengah, L. I., Gede, A. I., Kadek Eva Krishna Adnyani, Tjendani, E. N., Setiawan, I., Jayantini, I. G. A. S. R., & Adnyani, N. L. P. S. (2020). Linguistic Terapan dalam Berbagai Perperktive (1st ed., Vol. 1, pp. 105–112). YAGUWIPA.

Bundsgaard, J. (2012). Communicative Competences in an Ecological Perspective Triple contexts of participation & language learning Intercultural competence definition “ Intercultural competence is the ability to interact effectively with people from different from our own ” ( G. Critical Literacy,Language, Ecology and Society. London:, 6(1), 46–57.

Damayanti, S. (2019). Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan Hidup Di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Fadila, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Developmental of Students ’ Worksheets Based On The Enviroment To Improve Learner ’ s Mastery Of Voc. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 8–13. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7468/5170

Fathirma’ruf, Imansyah, M. N., Asmedy, & Budiman. (2021). Pengembangan E‐Modul Berbantuan Aplikasi Team Viewer dan Whatsapp untuk Efektivitas Praktikum Jarak Jauh. Kwangsan (Jurnal Teknologi Pendidikan), 09(02), 204–219.

Jannah, B. P. dan L. miftahul. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2).

Juliyanti, R., & Suryani, L. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas X. Palore: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6), 977–988.

Krismayani, ni wayan, Suastra, I. M., & Suparwa, i nyoman. (2021). Ecolinguistic Approaches in Development of English Teaching Materials for English for Business. E-Journal of Linguistics, 15(1), 16–24. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/e-jl.2021.v15.i01.p03 Ecolinguistic

Prasanti, Yani, M., & Candraningrum, P. D. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Min Gabugan Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1(1), 0–14.

Tira Nur Fitria, D. N. P. (2020). Pengajaran Menulis Teks Deskripsi Berbahasa Inggris Dengan Media Visual. Edunomika, 04(01), 227–235.

Tjendani, E. N., Suastra, I. M., Mbete, A. M., & Seri Malini, N. L. N. (2019). An Ecolinguistics Perspectives For English Syllabus Development. E-Journal of Linguistics, 13(2), 249. https://doi.org/10.24843/e-jl.2019.v13.i02.p06

Van Lier, L. (2010). The ecology of language learning: Practice to theory, theory to practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 3(1), 2–6. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.005

Wang, L. (2019). Perspective of Ecological Linguistics. Atlantis Press, 286(Seiem 2018), 153–156.

Yulvaita, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Field Trip Murid Kelas V UPT SPF SDI MINASA UPA 1 Kota Makassar. In Universitas Negeri Makassar (Issue 1).

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 664 times