MAKNA KONTEKSTUAL DALAM FILM BUDI PEKERTI (KAJIAN SEMANTIK)

Authors

  • Monica Septya Kartika Candra Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Iwan Marwan Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v18i2.898

Keywords:

makna kontekstual, nilai pendidikan, media sosial, konteks

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna kontekstual dalam film Budi Pekerti dan menemukan teori belajar yang divisualisasikan dalam film. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Analisis dilakukan terhadap dialog-dialog dalam film Budi Pekerti. Teori yang menjadi dasar analisis dalam penelirian ini adalah teori semantik terkait makna kontekstual dengan perspektif Firth dalam Palmer yang dikembangkan oleh Mansoer Pateda. Data yang dianalsisi adalah dialog-dialog tokoh yang diyakini memiliki makna kontekstual dan mengandung visualisasi pendekatan pembelajaran dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya konteks orangan, konteks situasi, konteks objek pembicaraan, konteks tujuan, konteks waktu, dan konteks tempat. Konteks-konteks tersebut kemudian memunculkan teori belajar yang divisualisasikan dalam film Budi Pekerti. Teori belajar belajar yang dimaksud adalah teori konstruktivisme dan teori belajar sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Agusdtine, P., Sofyan, R., & Ayuningtias, N. (2022). Analisis Metode Penerjemahan Subtitle

Film Animasi White Snake. Longda Xiokan: Journal of Mandarin Learning and

Teaching, 5(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/longdaxiaokan/article/view/39126

Boiliu, E. R. (2022). Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini.

Jurnal Ilmu Teologi Pendidikan Agama Kristen, 3(2).

https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/649

Khusniyah, N. (2021). Analisis Wacana. Sanabil.

Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. In JIM PBSI (Vol. 1, Issue 4). UI Press.

Lesilolo, H. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar

Mengajar di Sekolah. Kenosis, 4(2).

Mardiana, D. (2020). Analisis Makna Kontekstual Bahasa dalam Iklan Cat Tembok di

Televisi. Tuah Talino: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 14(2).

https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/tuahtalino/article/view/1346

Murdiyanto, Dr. E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Penelitian dan Pengabdian

Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Parwis, F. (2017). Analisis Makna Kontekstual dari Kolom Kartun Peanutspada Harian The

Jakarta Post. 9(2).

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/1384

Pateda, M. (2016). Semantik Leksikal (2nd ed.). Rineka Cipta.

Rahayu, O., Ramli, & Bahry, R. (2016). Analisis Implikatur dalam Serial Film Eumpang

Breuh. JIM PBSI, 1(4). https://jim.usk.ac.id/pbsi/article/view/6935/3083

Ramdhani, M. (2024). Masalah Sosial dalam Cerpen Karya Penulis Perempuandi Situs

Bacapetra.Co. Mabasan: Masyarakat Bahasa & Sastra Nusantara, 18(1).

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (N. Atif,

Ed.). PT Refika Aditama.

Sumarno, M. (2017). Apresiasi Film. Pusat Pengembangan Perfilman.

Suparno, P. (2010). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Kanisius : Yogyakarta.,.

Wahab, G. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.

Zaini, N. (2019). Konsep Pendidikan Humanis dan Implementasinya dalam Proses Belajar

Mengajar. Karangan, 1(1), 63.

https://ejournal.billfath.ac.id/index.php/karangan/article/view/7

Published

2024-12-30

How to Cite

Monica Septya Kartika Candra, & Iwan Marwan. (2024). MAKNA KONTEKSTUAL DALAM FILM BUDI PEKERTI (KAJIAN SEMANTIK). MABASAN , 18(2), 221-234. https://doi.org/10.62107/mab.v18i2.898
Abstract viewed = 273 times