MAKNA KONTEKSTUAL DALAM FILM BUDI PEKERTI (KAJIAN SEMANTIK)
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v18i2.898Keywords:
makna kontekstual, nilai pendidikan, media sosial, konteksAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna kontekstual dalam film Budi Pekerti dan menemukan teori belajar yang divisualisasikan dalam film. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Analisis dilakukan terhadap dialog-dialog dalam film Budi Pekerti. Teori yang menjadi dasar analisis dalam penelirian ini adalah teori semantik terkait makna kontekstual dengan perspektif Firth dalam Palmer yang dikembangkan oleh Mansoer Pateda. Data yang dianalsisi adalah dialog-dialog tokoh yang diyakini memiliki makna kontekstual dan mengandung visualisasi pendekatan pembelajaran dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya konteks orangan, konteks situasi, konteks objek pembicaraan, konteks tujuan, konteks waktu, dan konteks tempat. Konteks-konteks tersebut kemudian memunculkan teori belajar yang divisualisasikan dalam film Budi Pekerti. Teori belajar belajar yang dimaksud adalah teori konstruktivisme dan teori belajar sosial.Downloads
References
Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Agusdtine, P., Sofyan, R., & Ayuningtias, N. (2022). Analisis Metode Penerjemahan Subtitle
Film Animasi White Snake. Longda Xiokan: Journal of Mandarin Learning and
Teaching, 5(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/longdaxiaokan/article/view/39126
Boiliu, E. R. (2022). Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini.
Jurnal Ilmu Teologi Pendidikan Agama Kristen, 3(2).
https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/649
Khusniyah, N. (2021). Analisis Wacana. Sanabil.
Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. In JIM PBSI (Vol. 1, Issue 4). UI Press.
Lesilolo, H. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar
Mengajar di Sekolah. Kenosis, 4(2).
Mardiana, D. (2020). Analisis Makna Kontekstual Bahasa dalam Iklan Cat Tembok di
Televisi. Tuah Talino: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 14(2).
https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/tuahtalino/article/view/1346
Murdiyanto, Dr. E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press.
Parwis, F. (2017). Analisis Makna Kontekstual dari Kolom Kartun Peanutspada Harian The
Jakarta Post. 9(2).
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/1384
Pateda, M. (2016). Semantik Leksikal (2nd ed.). Rineka Cipta.
Rahayu, O., Ramli, & Bahry, R. (2016). Analisis Implikatur dalam Serial Film Eumpang
Breuh. JIM PBSI, 1(4). https://jim.usk.ac.id/pbsi/article/view/6935/3083
Ramdhani, M. (2024). Masalah Sosial dalam Cerpen Karya Penulis Perempuandi Situs
Bacapetra.Co. Mabasan: Masyarakat Bahasa & Sastra Nusantara, 18(1).
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (N. Atif,
Ed.). PT Refika Aditama.
Sumarno, M. (2017). Apresiasi Film. Pusat Pengembangan Perfilman.
Suparno, P. (2010). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Kanisius : Yogyakarta.,.
Wahab, G. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.
Zaini, N. (2019). Konsep Pendidikan Humanis dan Implementasinya dalam Proses Belajar
Mengajar. Karangan, 1(1), 63.
https://ejournal.billfath.ac.id/index.php/karangan/article/view/7
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Balai Bahasa Provinsi NTB

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.