MENGUNGKAP CITRA TRI RISMAHARINI SEBAGAI MENTERI SOSIAL DALAM BERITA ONLINE

Authors

  • Anggik Budi Prasetiyo Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26499/mab.v16i1.513

Keywords:

strategi ekslusi; strategi inklusi; Tri Rismaharini

Abstract

Berita adalah salah satu media untuk merepresentasikan atau mencitrakan seseorang yang sedang diperbincangkan guna membangun asumsi di kalangan para pembaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap citra Tri Rismaharini (TR) yang dibentuk oleh Kompas.com dalam pemberitaan tentang penunjukan Menteri Sosial (Mensos) dalam reshuffle kabinet Indonesia Maju tahun 2020. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, dan kalimat yang mengandung citraan TR sebagai Mensos. Sumber data penelitian ini adalah lima berita tentang penunjukan TR sebagai Mensos di laman Kompas.com. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitiam kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana kritis model Theo van Leeuwen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TR dicitrakan positif dengan menggunakan dua strategi, yaitu strategi inklusi dan strategi eksklusi. Strategi inklusi yang ditemukan ialah strategi inklusi  diferensiasi, strategi inklusi kategorisasi, strategi inklusi abstraksi, dan strategi inklusi identifikasi, dan strategi inklusi asimilasi. Strategi eksklusi yang ditemukan ialah strategi eksklusi pasivasi dan strategi eksklusi nominalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriany, F. G. (2018). Konstruksi Berita Layanan Publik Dalam Program “Sumut Dalam Berita” TVRI Sumatera Utara. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 722. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.212

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. PT Rineka Cipta.

Darma, Y. A. (2014). Analisis Wacana Kritis: Dalam Multiperspektif. Refika Aditama.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana ; Pengantar Analisis Teks Media: Komunikasi. LKiS.

Fadlil, K., Haryati, Novita, P., & Setiawan. (2021). Analisi Framing Media Online tentang Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Covid-19 Pada Media Online Tribun News.com dan Kepri.co.id Edisi Bulan Maret s/d Juni 2020). Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 172–200.

Gunawan, R., & Wahid, U. (2021). Analisis Framing Pemberitaan Habib Rizieq Shihab selama di RS Bogor terkait Hasil Swab Tes. Jurnal Komunikasi, 15(1), 71–82. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.9580

Hamad, I. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Granit.

Hasyim, N. M. (2017). Konstruksi Citra Maskulinitas Calon Presiden (Study Analisis Framing model Gamson dan Modigliani pada Pemberitaan Koran harian Kompas dan Jawa Pos Edisi Juni 2014). Profetik: Jurnal Komunikasi, 9(1), 32–50. https://doi.org/10.14421/pjk.v9i1.1189

Hy, Mclean. (2022). Strategi Pemberitaan Media Online Indonesia dalam Kasus Demonstrasi RUU HIP (Analisis Wacana Kritis Theo Van Leeuwen). Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1),101-113.

Jefkins, F. (2003). Public Relations (Terjemahan Haris Munandar) (Kelima). Erlangga.

Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(2), 119–136.

Pinontoan, N. A., & Wahid, U. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 Di Harian Kompas.com Dan Jawapos.Com. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1), 11–24. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.9928

Prasetiyo, A. B. (2022). Gambaran Maskulinitas dalam Iklan Kopi Caffino di Instagram. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 50–62. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.5530

Pringgandani, R. (2014). Wacana Lengsernya Muhammad Mursi dari Jabatan Presiden Mesir dalam Surat Kabar Republika dan Kompas (Analisis Wacana Kritis Model Theo Van Leeuwen). Bahtera Sastra: Antologi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 218–220.

Romli, A. S. (2015). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Nuansa Cendekia.

Sodikin, A. (2014). Konstruksi Pemberitaan PDIP di Media Massa: Analisis Framing Pernyataan Pakar Komunikasi Politik di Kompas.com. Journal Communication Spectrum : Capturing New Perspectives in Communication, 4(1), 43–56. https://doi.org/10.36782/JCS.V4I1.1770

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Duta Wacana University Press.

Sukarno, S., & Amurwani, P. P. (2020). Konstruksi Mendukung dan Mengkritisi Realitas Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan oleh Beberapa Media Online. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(2), 140. https://doi.org/10.14421/ajbs.2019.03201

Suryawati, I. (2011). Jurnalistik: Suatu Pengantar dan Praktik. Ghalia Indonesia.

Syamila, A. R., & Nurhadi, J. (2019). Strategi Eksklusi dalam Pemberitaan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) di Media Daring tirto.id. JPI: Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 126-135.

Trimanah. (2012). Reputasi dalam Kerangka Kerja Public Relation. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 3(1), 92–102. https://doi.org/10.30659/JIKM.3.1.92-102

Van Leeuwen, T. (2008). Discourse and Practice: New Tools for Critical Analysis. Oxford University Press.

Walidin, M., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.

Wodak, R., & Mayer, M. (2001). Methods for Critical Discourse Analysis - Google Books. Sage Publication.

Published

2022-06-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 67 times