IMPLEMENTASI TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN IMPLIKATURNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.26499/mab.v16i1.510

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam mengenai jenis-jenis tindak tutur ilokusi dan implikaturnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah 2 video kegiatan pembelajaran kelas VIII di MTs Maarif 19 Assalamah Lampung yang dapat dilihat melalui Youtube. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tindak tutur ilokusi dan implikaturnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam video pertama dan kedua adalah pertama, tindak tutur asertif menyatakan; kedua, tindak tutur direktif memerintah; ketiga, tindak tutur komisif menawarkan sesuatu hal; keempat, tindak tutur ekspresif memuji; kelima, tindak tutur deklaratif menghukum. Sementara itu, berdasarkan jenis tindak tutur dan implikatur pengungkapannya dalam penelitian ini hanya ditemukan implikatur tindak tutur konvensionalnya saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwijayanti, T. A. G. M. (2021). Tindak Tutur Ilokusi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Smpn 1 Pujon. Kredo: : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 62–84. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index

Fadilah, N. (2019). Analisis Tindak Tutur Dalam Ceramah Kh Anwar Zahid. Sarasvati, 1(2), 43. https://doi.org/10.30742/sv.v1i2.739

Fitriana, A. R. N., Rakhmawati, A., & Waluyo, B. (2020). Analisis Tindak Tutur Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Teachers and Students Speech Act Analysis of Learning Indonesian Language. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya, 8(1), 74–88.

Gunarwan, Asim.2007. Pragmatik: Teori dan Kajian Nusantara. Universitas Atma Jaya: Jakarta.

Hamidah, I. (2013). Tindak Tutur Guru Bahasa Indonesia dalam Kegiatan Belajar Mengajar si SMK Negeri se-kabupaten Kuningan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Khoirurrohman, T. (2017). TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN IMPLIKATUR KONVENSIONAL DALAM MEME POLITIK DI INDONESIA (SUATU KAJIAN PRAGMATIK). Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Dan Budaya, 4(8), 186–199. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/btr.v4i8.4163

Kuswara, R. (2014). ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(0903653), 1–8.

Meirisa, M., Rasyid, Y., & Murtadho, F. (2017). TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Kajian Etnografi Komunikasi di SMA Ehipassiko School BSD). BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 1–14. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.162.01

Nurul Halimah, N., & Yufarlina Rosita, F. (2019). TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDOENSIA KELAS VIII PK DI MTsN 3 BOYOLALI. An-Nas: Jurnal Humaniora, 3(2), 27–37.

Pande, N. K. N. N., & Artana, N. (2020). Kajian Pragmatik Mengenai Tindak Tutur Bahasa Indonesia Dalam Unggahan Media Sosial Instagram @halostiki. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(1), 32–38. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v3i1.766

Rahardi, Kunjana. 2003. Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.

Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Saputri, F., & Nugraheni, A. S. (2020). TINDAK TUTUR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE VIA WHATSAPP DI KELAS 3 SD NEGERI 2 SETROJENAR (Studi Deskriptif dilihat dari Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi). Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 89. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2917

Tutut Ayu Dwijayanti. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Peserta Didik Dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding SENASBASA, 3(2), 1009–1017.

Susmita, N. (2019). Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 25. https://doi.org/10.29210/02353jpgi0005

Unsiah, Frida dan Ria Yuliati. 2018. Pengantar Ilmu Linguistik. Malang: UB Press.

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 948 times