VARIASI BAHASA PADA PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DI BANDAR UDARA GUSTI SJAMSIR ALAM KOTABARU

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v16i1.485

Abstract

Variasi bahasa digunakan oleh manusia untuk bekerja sama dan berinteraksi. Penutur dan mitra tutur menjalin komunikasi dan menghasilkan variasi bahasa. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah (1) mendeskripsikan variasi bahasa yang terdapat pada pelayanan Customer Service di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru, (2) mendeskripsikan faktor-faktor variasi bahasa yang terdapat pada pelayanan Customer Service di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan secara objektif dan aktual tuturan yang terjadi. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan dengan penganalisisan data melalui observasi ke lapangan dengan langkah-langkah pengumpulan, penganalisisan dan penyajian data dengan teknik observasi, teknik rekam dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) jenis variasi bahasa yang ditemukan dalam pelayanan Customer Service di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru ialah a) variasi bahasa dari segi penutur yaitu penggunaan dialek daerah b) variasi bahasa dari segi pemakaian yaitu register, c) variasi bahasa dari segi sarana yaitu ragam lisan, dan 4) variasi bahasa dari segi keformalan yaitu ragam usaha santai (casual) dan ragam bahasa usaha (konsultativ). (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi variasi bahasa pada pelayanan Customer Service di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru adalah Faktor jenis kelamin yang dilihat dari intonasi nada berbahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslinda, & Syafyahya, L. (2007). Pengantar Sosiolinguistik. PT Refika Aditama.

Chaer, A. (2006). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia. PT Raneka Cipta.

Hidayat, A. (2014). Variasi Bahasa Berdasarkan Jenis Kelamin di Desa Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 105–112.

Hidayat, T. S. (2009). Kesepadanan antara Penggunaan Bahasa Sasak Halus dan Perilaku Sosial Masyarakat Penuturnya. Mabasan, 3(2), 136–155. https://doi.org/10.26499/mab.v3i2.119

Jayantini, I. G. A. S. R., Ariyaningsih, N. N. D., & Umbas, R. (2021). Variasi Bahasa dan Diksi dalam Pesan Sosial Pandemi Covid-19 Berbahasa Bali. Jurnal TUTUR, 1(1), 1–4.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya (3rd ed.). Rajawali Pers.

Mubarak, H. (2014). Analisis Variasi Bahasa Pada Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kotabaru. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 32–43. https://doi.org/10.33659/cip.v8i1.148

Rahmawati, F. P., & Sumarlam, S. (2016). Variasi Bahasa pada Tayangan Kick Andy dalam Episode “Ngelmu Sampai Mati.” Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 137. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3633

Ramendra, D. P. (2014). Variasi Pemakaian Bahasa pada Masyarakat Tutur Kota Singaraja. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 275–287. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i2.2185

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Alfabeta.

Sultan, N., & Akmaluddin, N. (2019). Kuasa Bahasa dalam Wacana Perkuliahan. Mabasan, 13(2), 111–136. https://doi.org/10.26499/mab.v13i2.251

Trijanto, E. K. (2012). Bahasa Jawa Dialek Surabaya Warisan Jati Diri Masa Lalu , Kini , Dan Kelak Surabayan. Mabasan, 6(1), 31–48.

Ulasma, L., & Samhati, S. (2017). Variasi Bahasa dalam Acara Talk Show Mata Najwa Maret 2016 dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), September, 1–12.

Wahyuni, N. D. (2021). Variasi Bahasa Percakapan Cangkruk Bareng di Warkop Wande Kopi Serut (Wks) Kabupaten Tulungagung. Pengembangan Bahasa, Sastra, Dan Budaya Jawa, 17(1), 1–23. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baradha/article/view/37687

Waridah. (2015). Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa dalam Berbahasa dan Berbudaya. Simbolika, 1(1), 84–92. https://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/53/10

Wati, U., Rijal, S. ;, & Hanum, I. S. (2020). Variasi Bahasa pada Mahasiswa Perantau di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman: Kajian Sosiolinguistik. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), 21–37.

Wijana, I. D. P. (2019). Pengantar Sosiolinguistik. UGM PRESS.

Yanti, D. N. P. (2013). Kualitas Komunikasi Pelayanan Customer Service di PT. Indosat, Tbk Balikpapan. Ilmu Komunikasi, 1(2), 39–54.

Yulianti, A. I. (2016). Variasi Dialektal Bahasa Tomuan (Dialectal Variation Of Tomuan Language). Mabasan, 10(2), 36–62.

Zulkarnain, S. I., & Fitriani, N. (2018). PERBEDAAN GAYA BAHASA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA PENUTUR BAHASA INDONESIA DAN ACEH. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 159–172.

Wijana, I. D. P. (2019). Pengantar Sosiolinguistik. UGM PRESS.

Yanti, D. N. P. (2013). Kualitas Komunikasi Pelayanan Customer Service di PT. Indosat, Tbk Balikpapan. Ilmu Komunikasi, 1(2), 39–54.

Yulianti, A. I. (2016). Variasi Dialektal Bahasa Tomuan (Dialectal Variation Of Tomuan Language). Mabasan, 10(2), 36–62.

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 760 times