Fungsi Sosial, Struktur, dan Ciri Kebahasaan Teks Iklan di Lanskap Linguistik Sekolah: Kajian Teori Linguistik Sistemik Fungsional

Authors

  • Hidayat Widiyanto Universitas Negeri Jakarta
  • Emzir Universitas Negeri Jakarta
  • Liliana Muliastuti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26499/mab.v15i1.422

Keywords:

lanskap, linguistik, teks iklan, sekolah

Abstract

Tujuan tulisan ini ialah untuk melihat teks iklan di lingkungan sekolah berdasarkan teori Linguistik Sistemik Fungsional yang difokuskan pada fungsi sosial, struktur teks, dan ciri kebahasaan teks iklan. Metode penelitian ini menggunakan analisis isi Philip Myring dengan pengembangan kategori induktif. Teks iklan yang dipajang di sekolah menyampaikan produk dalam bidang pendidikan, minuman, dan kosmetik dan memiliki struktur teks iklan yang lengkap sebagai teks eksposisi, serta penggunaan bahasa yang sesuai dengan bahasa pada iklan. Fungsi sosial iklan selain memasarkan produk juga memberikan pesan lain. Teks iklan di sekolah dapat berimplikasi pada model pembelajaran di dalam kelas atau penguasaan teks iklan siswa dapat digunakan dalam penyusunan iklan yang dipasang di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustien, Helena, I.R. 2020. Implementing a Text-Based Appproach in Eglish language Teaching. Malang: TEFLIN Publication Division in collaboration with Bintang Sejahtera Press.

Arens, Williams dkk. 2010. Contemporary Advertising and Integrated Marketing Communications. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Brown, Kara D. 2005. Estonian Schoolscapes and The Marginalization of Regional Identity in Education. Jurnal European Education, 37(3), 78–89. https://doi.org/10.1080/10564934.2005.11042390.

Gorter, Durk dan Jasone, Cenoz. 2015. Linguistic Landscapes Inside Multilingual Schools (O. I. B. In B. in Spolsky, M. Tannenbaum, O. Inbar (Eds.), Challenges for language education and policy: Making space for people. (pp. 151-169). New York: Routledge Publishers .

Hewitt-Bradshaw Irish. 2014. Linguistic Landscape as a Language Learning and Literacy Resource in Caribbean Creole. Jurnal Caribbean Curriculum No. 22, 157–173.

Kosasih. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Landry, Rodrigue dan Richard Bourhis Y. 1997. Linguistic landscape and ethnolinguistic vitality: An empirical study. Journal of Language and Social Psychology, 16 (1), 23–49. https://doi.org/10.1177/0261927X970161002.

Maulidina, Yulinar Rahmawati dan Trinil Dwi Turistiani. 2018. Pengembangan LKPD Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Materi Teks Iklan Kelas VIII. Jurnal Bapala, 5 (2), 1–10.

Mayring, Philpp. 2000. Qualitative Content Analysis. In Forum Qualitative Social Research (Vol. 1, Issue June).

Sayer, Peter. 2009. Using the Linguistic Landscape as a Pedagogical Resource. ELT Journal, 64 (2), 143–154. https://doi.org/10.1093/elt/ccp051.

Scarvaglieri, Claudio. 2017. Educational Landscaping: a Method for Raising Awareness about Language and Communication. Jurnal Language Awareness, 26 (4), 325–342. https://doi.org/10.1080/09658416.2017.1411358.

Shulz, Don E. dkk. 1996. Essentials of Advertising Strategy. Lincolnwood (Chicago): NTC Business Books.

Sudarwati-Grace. 2016. Pathway To English 1. Bandung: Erlangga.

Tugiati, Tutut dan Kuntoro. 2019. Teks Iklan Naratif (Analisis: Isi, Struktur, Butir Kebahasaan, dan Implikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP. Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat IV Tahun 2019, 342–350.

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 79 times