LIRIK LAGU KERONCONG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK DAN BERBICARA DI HANKUK UNIVERSITY OF FOREIGN STUDIES KOREA

Authors

  • M. Oktavia Vidiyanti Balai Bahasa Jawa Timur
  • Tengsoe Tjahjono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26499/mab.v14i2.355

Abstract

Lirik lagu sangat menarik dipakai sebagai media pembelajaran menyimak dan berbicara.  Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lirik lagu keroncong, sebagai salah satu wujud kebudayaan Indonesia, sebagai media pembelajaran menyimak dan berbicara mahasiswa yang belajar bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Penelitian studi kasus ini memilih subjek penelitian mahasiswa yang memprogram mata kuliah Audio-Visual Bahasa Malay-Indonesian pada tahun pertama semester kedua di Hankuk University of Foreign Language.Untuk mengaji bagaimana langkah-langkah pembelajaran materi tersebut, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil jawaban 15 mahasiswa atas pertanyaan dan pembahasan disimpulkan bahwa mahasiswa dapat memahami informasi dengan baik melalui apa yang diamati dan disimak dan mampu mengungkapkan pengalamannya itu secara lisan. Di samping itu mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang budaya Indonesia yang memperkaya wawasannya tentang Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Barrow, R. (1990). “Culture, Values and the Language Classroom.” In B. Harrison (Ed.), Culture and the Language Classroom. Modern English Publications in association with The British Council.

Brett, J. M. (2000). Culture and Negotiation. International Journal of Psychology, 32(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/002075900399385

Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. England: Penguin English.

Brown, H. D. (1994). Teaching by Principles-An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Prentice Hall Regents.

Burley-Allen, M. (1995). Listening The Forgotten Skills: A Self Teaching Guide. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Chaney, A. L., & Burk, T. L. (1998). Teaching Oral Communication in Grades K-8. Boston: Allyn and Bacon.

Chomsky, N. (1959). “Review of Verbal Behavior by B.F. Skinner.” Language, 35, 26–58.

Corbett, J. (2003). An Intercultural Approach To Second Language Education. In J. Corbett (Ed.), An Intercultural Approach to English Language Teaching. Clevedon, England: Multi­lingual Matters.

Efrizal, D. (2012). Improving Students’ Speaking through Communicative Language Teaching Method at Mts Ja-alhaq, Sentot Ali Basa Islamic Boarding School of Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science, 2 (20), 127–134.

Ellis, R. (2003). Second Language Acquistion. New York: Oxford University Press.

Freeman, L. (2000). Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Ghaedsharafi, M., & Sadegh Bagheri, M. (2012). Effects of Audiovisual, Audio, and Visual Presentations on EFL Learners’ Writing Skill. International Journal of English Linguistics, 2 (2), 113–121. https://doi.org/10.5539/ijel.v2n2p113

Harjanto. (2011). Perencanaan Pengajaran (Delapan). Jakarta: Rineka Cipta.

Ifadah, M., & Aimah, S. (2012). Keefektifan Lagu sebagai Media Belajar dalam Pengajaran Pronounciation/Pengucapan. In Seminar Hasil-Hasil Penelitian-LPPM UNIMUS (pp. 363–370).

Krashen, S. (1981). Second Language Acquisition and Second Language Learning. University of Southern California, California: Pergamon Press Inc.

Long, M. H. (1985). “Input and Second Language Acquisition Theory.” In S. Gass & C. Madden (Eds.), Input in Second Language Acquisition (pp. 377–393). Rowley, Mass: Newbury House.

Moeller, A. J., & Catalano, T. (2015). Foreign Language Teaching and Learning. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, 327–332. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92082-8

Nasiri, A., & Pourhoseingilakjani, A. (2016). A Review of EFL Learners’ Speaking Skill and the Strategies for Improvement. Modern Journal of Language Teaching Methods, 6 (9), 53–59. Retrieved from https://mjltm.org/article-1-65-en.pdf

Nunan, D. (1995). Language Teaching Methodology: A Textbook for Teachers. New York: Phoenix Ltd.

Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi di Kelas Lima Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (1), 27–38. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292

Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Salacuse, J. W. (2005). Negotiating: The Top Ten Ways That Culture Can Affect Your Negotiation. Ivey Business Journal, 69(4). Retrieved from https://iveybusinessjournal.com/publication/negotiating-the-top-ten-ways-that-culture-can-affect-your-negotiation/

Saville-Troike, M. (2005). Introducing Second Language Acquisition. New York: Cambridge University Press.

Skinner, B. F. (1957). Verbal Behavior. London: Methuen.

Soekotjo, S. (n.d.). Bengawan Solo - Sundari Soekotjo (Official Video). Gema Nada Pertiwi. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=csyYxUG6RQI

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sundari, D. (2017). Asal Mula Nama Sungai Bengawan Solo. Retrieved December 22, 2019, from https://www.kompasiana.com/dewisundari/5962dc557460f03c101f72c2/asal-mula-nama-sungai-bengawan-solo

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Valdes, J. (1990). “The Inevitability of Teaching and Learning Culture in a Foreign Language Course.” In Culture and the Language Classroom. Modern English Publications in association with The British Council.

Published

2020-12-14

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 168 times