INTERJEKSI DALAM KOMENTAR TERHADAP CUITAN AKUN TWITTER @ASKNONYM: KAJIAN MORFOLOGI

Authors

  • Rima Rismaya Program Studi Magister Linguistik Umum Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran
  • Agus Nero Sofyan Program Studi Magister Linguistik Sekolah Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.26499/mab.v14i2.354

Abstract

Interjeksi sebagai bagian dari kata tugas bahasa Indonesia digunakan dalam media sosial, salah satunya Twitter. Namun, interjeksi yang digunakan lebih bervariasi karena pengguna Twitter terkesan bebas menggunakan kata apapun untuk mengekspresikan cuitannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi interjeksi yang terdapat dalam Twitter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik simak dan catat sebagai teknik pengumpulan data. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan metode agih yaitu teknik bagi unsur langsung (BUL) sebagai teknik dasar dan teknik lesap sebagai teknik lanjutan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat lima jenis interjeksi yang digunakan dalam komentar terhadap cuitan akun Twitter @asknonym, antara lain: (1) interjeksi kekesalan; (2) interjeksi kekagetan; (3) interjeksi kejijikan; (4) interjeksi keheranan; dan (5) interjeksi ajakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaluddin, N. (2018). Realitas Penggunaan Bahasa Indonesia Ragam Tulisan Pada Lembaga Pemerintahan. Mabasan, 12 (1), 1–20.

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Azwar, S. R., & Agustina. (2019). Interjeksi dalam Talkshow “Pagi - Pagi Pasti Happy” di Trans TV. Bahasa dan Satra, 7(2), 1–7.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal IImu Sosial & IImu Politik Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9 (1), 140–157.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, F. (2010). Metode Linguistik. Bandung: Refika Aditama.

Fadhilah, I., Armia, & Iqbal, M. (2019). Analisis Penggunaan Interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk DKK. Jurnal Bahasa dan Sastra, 13 (1), 37–44.

Fitriani, F., & Endriani, A. (2018). Nilai-Nilai Kehidupan dalam Novel Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1990 dan Implementasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Mabasan, 12 (2), 139–150.

Hakim, L., Shubhi, M., & Hamid, S. A. (2017). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Surat Kabar di Kabupaten Sumbawa. Mabasan, 11 (2), 107–118.

Junawaroh, S. (2015). Kajian Deskriptif Struktural Wacana Grafiti pada Truk. HUMANIKA, 21 (1), 49–55.

Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. [daring]. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id

Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. (2010). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mansyur, U. (2016). Bahasa Indonesia dalam Belitan Media Sosial: Dari Cabe-Cabean Hingga Tafsir Al-Maidah 51. Prosiding Seminar Nasional & Dialog Kebangsaan Dalam Rangka Bulan Bahasa 2016, 145–155.

Milka. (2012). Analisis Interjeksi Ya! dan Nah! dalam Novel Pemburu Rembulan Karya Arul Chandrana. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1 (1), 49–55.

Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3 (3), 539–549.

Putrayasa, I. B. (2017). Kajian Morfologi Bentuk Derivasional dan Infleksional. Bandung: Refika Aditama.

Rahmat, W. (2017). Sinisme dalam Kaba Sabai Nan Aluih Suatu Bentuk Pentingnya Bahasa Bahasa Ibu: Kajian Pragmatik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 2 (1), 19–28.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanti, E. (2016). Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ragam Media Sosial. DIALEKTIKA, 3 (Oktober), 229–250.

Swandy, E. (2017). Bahasa Gaul Remaja dalam Media Sosial Facebook. Jurnal Bastra, 1 (4), 1–19.

Verlin, S., Darwis, M., & Hasjim, M. (2018). Abreviasi dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Budaya, 6 (2), 277–286.

Widiatmoko, B., & Waslam, W. (2017). Interjeksi dalam Bahasa Indonesia: Analisis Pragmatik. Pujangga, 3 (1), 83–97.

Zaim, M. (2015). Pergeseran Sistem Pembentukan Kata Bahasa Indonesia: Kajian Akronim, Bleding, dan Kliping. Linguistik Indonesia, 33 (2), 173–192.

Published

2020-12-14

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 157 times