KONTAK BAHASA ANTARA KOMUNITAS TUTUR BAHASA BALI DAN KOMUNITAS TUTUR BAHASA SAMAWA DI KABUPATEN SUMBAWA DAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Authors

  • Siti Raudloh Kantor Bahasa Provinsi NTB

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v2i1.125

Keywords:

puisi, legenda, mite, dongeng

Abstract

Kontak bahasa antara komunitas tutur bahasaBalidan komunitas tutur bahasa Samawa di lokasi-lokasi yang dijadikan sampel berakibat pada terjadinya adaptasi linguistik yang bersifat dua arah. Artinya adaptasi itu terjadi pada kedua komunitas yang berkontak. Adaptasi linguistik tersebut  tampak pada system fonologi dan leksikon.Kategori adaptasi linguistik oleh bahasa Samawa terhadap bahasa Bali pada enklave Uma Sima dan enklave Rhee masih sedang. sedangkan di enklave Kokarlian berkategori kurang. Adapaun, adaptasi linguistik oleh bahasa Bali terhadap bahasa Sumbawa pada enklave Uma Sima dan enklave Kokarlian masuk dalam kategori sedang dan kategori kurang pada enklave Rhee.Sementara itu, kecendrungan adapatsi linguistik yang dipengaruhi oleh segmentasi social tua dan muda menunjukkan segmen mayarakat muda lebih dominan melakukan adaptasi.Tingkat dominasi suatu enklave dalam melakukan adaptasi linguistik ditentukan oleh beberapa faktor, di antaranya faktor geografis, sosial ekonomi, sikap bahasa, usia, dan faktor lamanya waktu tinggal.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloomfield, Leonard. 1995. Bahasa (Language). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Burhanuddin, et al. 2005. ”Kontak Bahasa Antara Bahasa Sumbawa di Lombok Timur Dengan Bahasa Sasak”. Mataram: Laporan Penelitian Kelompok Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Balai Penelitian Bahasa Singaraja. 1975. Kamus Indonesia-Bali. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahsun. 1995. Dialektologi Diakronis: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa:Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mahsun. 2006. Bahasa dan Relasi Sosial: Telaah Kesepadanan Adaptasi Linguistik dengan Adaptasi Sosial. Yogyakarta: Gama Media.

Rahardi, Kunjana. 2001. Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, Toni Samsul. 2007 Kontak Bahasa Antara Komunitas Tutur Bahasa Sasak dan Komunitas Tutur Bahasa Sumbawa di Sumbawa Barat dan Sumbawa

Yogyakarta: Gama Media

Published

2019-01-17

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 308 times